Peringati Hari Kartini, POLKESMA Gelar Upacara serta Festival Seni dan Budaya

Poltekkes Kemenkes Malang turut memperingati Hari Kartini dengan menggelar Upacara dan Festival Seni dan Budaya (FSDB), hari ini (22/4). Upacara dan momen ini sekaligus digunakan untuk menyerahkan penghargaan Tri Windu dari Menteri Kesehatan kepada para pegawai dan penghargaan kepada mahasiswa yang telah mengharumkan nama Poltekkes Kemenkes Malang.

Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia bertindak sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya Budi Susatia menyampaikan bahwa memperingati Hari Kartini adalah mengenang semangat, kebesaran jiwa dan ketulusan hari Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan kesamaan dan kesetaraan. Semangat Kartini dapat menjadi teladan bagi perempuan Indonesia untuk tetap menempatkan diri sebagai perempuan yang berjuang untuk membangun keluarga, masyarakat dan bangsa.

Kartini adalah pejuang wanita yang meninggal pada usia 25 tahun setelah melahirkan putera pertama dan anak satu-satunya. Perjuangan Kartini sebagai ibu sangat berat karena jiwa ibu dipertaruhkan untuk anaknya. Tingginya angka kematian ibu saat ini masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang terjadi di Indonesia. Permasalahan kesehatan di Indonesia harus segera diselesaikan jika ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang.

“Mari kita meneladani semangat perjuagan Ibu Kartini dalam menyehatkan keluarga dan masyarakat Indonesia. Jadilah pejuang sejati bagi keluarga dan lingkungan sekitar demi terwujudnya Indonesia Sehat,” ucap Budi Susatia mengakhiri sambutannya.

Rangkaian upacara peringatan Hari Kartini dilanjutkan dengan penyelenggaraan Festival Seni dan Budaya 2019 dengan tema “Seniku Terpatri, Budayaku Lestari”. Festival ini secara resmi dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Malang dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali.

Festival Seni dan Budaya oleh BEM Polkesma diisi dengan  perlombaan yang diikuti oleh seluruh civitas akademika Poltekkes Kemenkes Malang. Lima jenis perlombaan tersebut yaitu lomba solo vokal, lomba tari kontemporer, lomba musikalisasi puisi, lomba kreasi masakan nusantara, lomba fotografi, dan Bazar nusantara.

Tidak hanya itu, acara Festival Seni dan Budaya dalam rangka peringatan Hari Kartini akan dilanjutkan pada 25 April 2019 dengan mengadakan Donor Darah di Kampus Utama Poltekkes Kemenkes Malang.

Peringatan Hari Kartini Poltekkes Kemenkes Malang juga dilakukan di Kampus Daerah dengan mengadakan Upacara Bendera dan lomba yang diikuti seluruh civitas akademika di daerah masing-masing.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Subbag Kepegawaian dan Umum, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com