Uji Kesehatan dan Psikotes, Tahapan Terakhir SIPENMARU 2019 Jalur PMDP dan Bidikmisi

Setelah sebelumnya diumumkan kelulusan tahap Verifikasi Berkas, Poltekkes Kemenkes Malang melaksanakan tahapan terakhir seleksi SIPENMARU 2019 Jalur PMDP dan Bidikmisi, Rabu hingga kemarin (23/3).

Tahap terakhir SIPENMARU 2019 Jalur PMDP dan Bidikmisi yaitu uji kesehatan dan psikotes. Sebanyak 625 calon mahasiswa baru diundang kembali untuk dapat melaksanakan uji kesehatan dan psikotes sesuai jadwal yang telah diumumkan.

Bertempat di Gedung TUK Kampus Utama Poltekkes Kemenkes Malang, uji kesehatan dilaksanakan oleh pihak ketiga yaitu CV. Sahabat Abadi (Health Service). Dalam uji kesehatan, calon mahasiswa baru diberikan map berisi surat pernyataan mengenai kesehatan yang ditandatangani diatas materai 6000 dan formulir pemeriksaan kesehatan.

Tidak berbeda dengan SIPENMARU tahun sebelumnya, tahun ini jenis pemeriksaan pada uji kesehatan meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan tanda vital, pemeriksaan mata (buta warna), pemeriksaan fisik lain, serta tes laboratorium berupa tes urin dan darah.

Uji kesehatan dilakukan guna memenuhi salah satu persyaratan umum menjadi calon mahasiswa kesehatan yaitu sehat jasmani dan rohani. Calon mahasiswa tidak buta warna, memiliki berat badan ideal, tidak tuna fisik, tidak hamil, dan tidak menderita penyakit yang dapat mengganggu tugas serta bebas dari narkoba.

Calon mahasiswa baru kemudian mengikuti tahapan terakhir yaitu psikotes yang diadakan kemarin (23/3/2019). Psikotes yang berlangsung di Kampus Utama juga dilaksanakan oleh pihak ketiga dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Setelah uji kesehatan dan psikotes, calon mahasiswa baru dapat mengetahui hasil kelulusan akhir. Jika dinyatakan lulus, maka berhak melakukan daftar ulang sebagai mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Malang Tahun Akademik 2019/2020.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Urusan Kesekretariatan, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com